Pengertian dan Tujuan Konsumsi serta prilaku konsumen - MADE MEKAR EDUCATION
MADE MEKAR EDUCATION

MEDIA BELAJAR ONLINE


Halo teman-teman , ketemu lagi di BACAHUB.COM.
Pada pertemuan kali ini kita akan melanjutkan pembahasan mengenai konsumsi.

Nah kalian masih ingatkan dengan permintaan dan penawaran ?
Jadi permintaan dan penawaran tersebut dipengaruhi oleh faktor Konsumsi.

Nah langsung saja kita bahas, apa itu konsumsi , tujuan konsumsi, dan prilaku Konsumen.

a. Pengertian Konsumsi

Dalam pengertian ekonomi, konsumsi diartikan sebagai kegiatan manusia mengurangi atau menghabiskan nilai guna suatu barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan, baik secara berangsur-angsur maupun sekaligus habis. Pihak yang melakukan konsumsi disebut konsumen. 

b. Tujuan Konsumsi 
Tujuan Konsumsi Kegiatan konsumsi yang dilakukan manusia bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup atau untuk memperoleh kepuasan setinggi-tingginya sehingga tercapai tingkat kemakmuran. Dengan adanya lapisan masyarakat yang berbeda-beda, tujuan konsumsi juga berbeda pula. Pada masyarakat tradisional yang ditandai dengan peradaban yang belum maju dan kebutuhan masih sederhana, kegiatan konsumsi bertujuan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari guna mempertahankan kelangsungan hidup. Sedangkan pada masyarakat modern, tujuan konsumsi sudah berubah bukan hanya sekadar mempertahankan hidup, tetapi lebih banyak diarahkan untuk kepentingan kesenangan dan prestise (harga diri). 


2. Perilaku Konsumen 

a. Kepuasan Konsumen terhadap Produk 

Tujuan utama dari konsumen dalam mengonsumsi suatu produk adalah untuk memaksimalkan kepuasan total (total utility). Kepuasan total dapat didefinisikan sebagai suatu keadaan yang mencerminkan kebutuhan, keinginan, dan harapan konsumen dapat terpenuhi melalui produk yang dikonsumsi. Jika kepuasan total konsumen dapat dimaksimalkan maka barang tersebut akan memiliki nilai tukar dan nilai pakai yang tinggi. Artinya, jika suatu barang dapat memenuhi kebutuhan, keinginan, dan harapan konsumen maka konsumen akan bersedia membayar dengan harga yang lebih tinggi. 

Menurut Vincent Gasperz, terdapat faktor-faktor yang memengaruhi penilaian dan dugaan/pengharapan (ekspektasi) konsumen terhadap suatu barang, yaitu sebagai berikut :

1. Kebutuhan dan keinginan Jika kebutuhan dan keinginan konsumen besar maka penilaian dan pengharapan konsumen juga besar, demikian pula sebaliknya. Jika kebutuhan dan keinginan kecil maka penilaian dan pengharapan konsumen juga kecil.

2. Pengalaman masa lalu Pengalaman mengonsumsi produk yang sama atau produk lainnya yang sama fungsinya. 

3. Pengalaman dari teman Teman Anda ada yang pernah mengonsumsi suatu produk sebelum Anda, akan menceritakan kepada Anda kualitas produk tersebut sehingga dapat menambah atau mengurangi penilaian dan pengharapan Anda terhadap produk yang akan Anda konsumsi. 

4. Komunikasi iklan dan pemasaran Iklan dan pemasaran dapat mengubah pengharapan Anda terhadap suatu barang. Mungkin saja pengharapan Anda terhadap suatu produk tertentu karena penyajian dan pemasaran yang baik.


b. Karakteristik produk yang diinginkan konsumen 

Konsumen biasanya menginginkan produk yang memiliki karakteristik lebih murah, lebih cepat, dan lebih baik. Karakteristik lebih murahberkaitan dengan biaya produksi suatu produk. Artinya, jika produsen dapat menghasilkan produk yang lebih murah konsumen akan lebih tertarik karena faktor harga merupakan pertimbangan paling penting bagi konsumen dalam melakukan pembelian. Biasanya produk yang lebih murah lebih diinginkan oleh konsumen dibandingkan produk yang sama dengan harga yang lebih mahal. Karakteristik lebih cepat lebih cepat lebih cepat berkaitan dengan waktu. Artinya, konsumen menginginkan produk yang mudah didapat serta ada di mana saja. Jadi, konsumen tidak perlu pergi jauh-jauh hanya untuk mendapatkan suatu produk. Karakteristik lebih baik berkaitan dengan kualitas produk. Kualitas lebih baik merupakan faktor yang cukup berperan dalam pengambilan keputusan pembelian. Produk dengan kualitas yang lebih baik diinginkan oleh konsumen dibandingkan produk yang sama dengan kualitas lebih jelek.

c. Pengeluaran untuk konsumsi 

Pengeluaran untuk konsumsi Besar kecilnya konsumsi yang dilakukan oleh konsumen (perilaku konsumen) tergantung pada faktor-faktor berikut. : 
1. Selera (Taste) Selera adalah keinginan yang muncul dari dalam hati seseorang karena adanya daya tarik/rangsangan terhadap suatu benda atau jasa sangat dipengaruhi oleh faktor psikologis konsumen. Jika selera rendah, konsumsi pun rendah, sebaliknya jika selera tinggi, jumlah konsumsi pun akan tinggi pula.

2. Tingkat pendapatan Besar kecilnya tingkat pendapatan yang diterima oleh seseorang sangat berpengaruh terhadap besar kecilnya pengeluaran untuk konsumsi. 

3. Kebiasan dan sikap hidupHal ini menyangkut perilaku yang sering muncul dan dilakukan oleh konsumen, misalnya hidup hemat atau sebaliknya hidup senang atau boros. 

4. Lingkungan tempat tinggalManusia selalu hidup beradaptasi atau dipengaruhi oleh lingkungannya sehingga pola konsumsi pun dapat dipengaruhi oleh lingkungan. 

5. Alat distribusiPengadaan jumlah barang di suatu tempat tergantung pada alat distribusi yang digunakan. Semakin baik alat transportasi yang digunakan, semakin besar pengeluaran yang digunakan untuk konsumsi.


Nah jadi menjadi sebagai Konsumen kita sepatutnya dapat memilih dan memilah barang mana yang akan kita beli untuk digunakan dalam memenuhi kebutuhan Hidup. Jangan sampai kita membeli barang yang sebenarnya tidak kita butuhkan.

Semoga materi ini dapat memberikan pemahaman kepada kalian mengenai Konsumsi dan Konsumen.




TUGAS MANDIRI BERSTRUKTUR

Jawablah pertanyaan berikut dengan Singkat dan jelas !
1. Apa yang dimaksud dengan Konsumsi ?
Jawab .....................................................................

2. Siapa yang dimaksud dengan Konsumen ?
Jawab.....................................................................

3. Sebutkan apa saja faktor yang mempengaruhi besar kecilnya konsumsi yang dilakukan oleh konsumen ?
Jawab.........................................................................




Sumber belajar :

Anoraga, Pandji, dan Ninik Widyanti. 1992. Pasar Modal: Keberadaan dan Manfaatn a bagi Pembangunan. Jakarta: Rineka Cipta. 

Boediono, Dr. 2002. Ekonomi Mikro Edisi Kedua. Yogyakarta: BPFE. Collins. 1999. Kamus Lengkap Ekonomi. Jakarta: Erlangga. 

Ekawati, Endang, Dra, dkk. 2004. Pengetahuan Sosial. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama. Encarta 2005, Reference Librar Premium, Microsoft Corporation. 

Gasperz, Vincent. 2001. Ekonomi Managerial, Pembuatan Keputusan Bisnis. Edisi Kedua. Jakarta: Gramedia. Gunardi, Tom. 1985. Sistem Perekonomian menurut Pancasila dan UUD 1945, Bandung, Angkasa.


Pengertian dan Tujuan Konsumsi serta prilaku konsumen


Halo teman-teman , ketemu lagi di BACAHUB.COM.
Pada pertemuan kali ini kita akan melanjutkan pembahasan mengenai konsumsi.

Nah kalian masih ingatkan dengan permintaan dan penawaran ?
Jadi permintaan dan penawaran tersebut dipengaruhi oleh faktor Konsumsi.

Nah langsung saja kita bahas, apa itu konsumsi , tujuan konsumsi, dan prilaku Konsumen.

a. Pengertian Konsumsi

Dalam pengertian ekonomi, konsumsi diartikan sebagai kegiatan manusia mengurangi atau menghabiskan nilai guna suatu barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan, baik secara berangsur-angsur maupun sekaligus habis. Pihak yang melakukan konsumsi disebut konsumen. 

b. Tujuan Konsumsi 
Tujuan Konsumsi Kegiatan konsumsi yang dilakukan manusia bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup atau untuk memperoleh kepuasan setinggi-tingginya sehingga tercapai tingkat kemakmuran. Dengan adanya lapisan masyarakat yang berbeda-beda, tujuan konsumsi juga berbeda pula. Pada masyarakat tradisional yang ditandai dengan peradaban yang belum maju dan kebutuhan masih sederhana, kegiatan konsumsi bertujuan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari guna mempertahankan kelangsungan hidup. Sedangkan pada masyarakat modern, tujuan konsumsi sudah berubah bukan hanya sekadar mempertahankan hidup, tetapi lebih banyak diarahkan untuk kepentingan kesenangan dan prestise (harga diri). 


2. Perilaku Konsumen 

a. Kepuasan Konsumen terhadap Produk 

Tujuan utama dari konsumen dalam mengonsumsi suatu produk adalah untuk memaksimalkan kepuasan total (total utility). Kepuasan total dapat didefinisikan sebagai suatu keadaan yang mencerminkan kebutuhan, keinginan, dan harapan konsumen dapat terpenuhi melalui produk yang dikonsumsi. Jika kepuasan total konsumen dapat dimaksimalkan maka barang tersebut akan memiliki nilai tukar dan nilai pakai yang tinggi. Artinya, jika suatu barang dapat memenuhi kebutuhan, keinginan, dan harapan konsumen maka konsumen akan bersedia membayar dengan harga yang lebih tinggi. 

Menurut Vincent Gasperz, terdapat faktor-faktor yang memengaruhi penilaian dan dugaan/pengharapan (ekspektasi) konsumen terhadap suatu barang, yaitu sebagai berikut :

1. Kebutuhan dan keinginan Jika kebutuhan dan keinginan konsumen besar maka penilaian dan pengharapan konsumen juga besar, demikian pula sebaliknya. Jika kebutuhan dan keinginan kecil maka penilaian dan pengharapan konsumen juga kecil.

2. Pengalaman masa lalu Pengalaman mengonsumsi produk yang sama atau produk lainnya yang sama fungsinya. 

3. Pengalaman dari teman Teman Anda ada yang pernah mengonsumsi suatu produk sebelum Anda, akan menceritakan kepada Anda kualitas produk tersebut sehingga dapat menambah atau mengurangi penilaian dan pengharapan Anda terhadap produk yang akan Anda konsumsi. 

4. Komunikasi iklan dan pemasaran Iklan dan pemasaran dapat mengubah pengharapan Anda terhadap suatu barang. Mungkin saja pengharapan Anda terhadap suatu produk tertentu karena penyajian dan pemasaran yang baik.


b. Karakteristik produk yang diinginkan konsumen 

Konsumen biasanya menginginkan produk yang memiliki karakteristik lebih murah, lebih cepat, dan lebih baik. Karakteristik lebih murahberkaitan dengan biaya produksi suatu produk. Artinya, jika produsen dapat menghasilkan produk yang lebih murah konsumen akan lebih tertarik karena faktor harga merupakan pertimbangan paling penting bagi konsumen dalam melakukan pembelian. Biasanya produk yang lebih murah lebih diinginkan oleh konsumen dibandingkan produk yang sama dengan harga yang lebih mahal. Karakteristik lebih cepat lebih cepat lebih cepat berkaitan dengan waktu. Artinya, konsumen menginginkan produk yang mudah didapat serta ada di mana saja. Jadi, konsumen tidak perlu pergi jauh-jauh hanya untuk mendapatkan suatu produk. Karakteristik lebih baik berkaitan dengan kualitas produk. Kualitas lebih baik merupakan faktor yang cukup berperan dalam pengambilan keputusan pembelian. Produk dengan kualitas yang lebih baik diinginkan oleh konsumen dibandingkan produk yang sama dengan kualitas lebih jelek.

c. Pengeluaran untuk konsumsi 

Pengeluaran untuk konsumsi Besar kecilnya konsumsi yang dilakukan oleh konsumen (perilaku konsumen) tergantung pada faktor-faktor berikut. : 
1. Selera (Taste) Selera adalah keinginan yang muncul dari dalam hati seseorang karena adanya daya tarik/rangsangan terhadap suatu benda atau jasa sangat dipengaruhi oleh faktor psikologis konsumen. Jika selera rendah, konsumsi pun rendah, sebaliknya jika selera tinggi, jumlah konsumsi pun akan tinggi pula.

2. Tingkat pendapatan Besar kecilnya tingkat pendapatan yang diterima oleh seseorang sangat berpengaruh terhadap besar kecilnya pengeluaran untuk konsumsi. 

3. Kebiasan dan sikap hidupHal ini menyangkut perilaku yang sering muncul dan dilakukan oleh konsumen, misalnya hidup hemat atau sebaliknya hidup senang atau boros. 

4. Lingkungan tempat tinggalManusia selalu hidup beradaptasi atau dipengaruhi oleh lingkungannya sehingga pola konsumsi pun dapat dipengaruhi oleh lingkungan. 

5. Alat distribusiPengadaan jumlah barang di suatu tempat tergantung pada alat distribusi yang digunakan. Semakin baik alat transportasi yang digunakan, semakin besar pengeluaran yang digunakan untuk konsumsi.


Nah jadi menjadi sebagai Konsumen kita sepatutnya dapat memilih dan memilah barang mana yang akan kita beli untuk digunakan dalam memenuhi kebutuhan Hidup. Jangan sampai kita membeli barang yang sebenarnya tidak kita butuhkan.

Semoga materi ini dapat memberikan pemahaman kepada kalian mengenai Konsumsi dan Konsumen.




TUGAS MANDIRI BERSTRUKTUR

Jawablah pertanyaan berikut dengan Singkat dan jelas !
1. Apa yang dimaksud dengan Konsumsi ?
Jawab .....................................................................

2. Siapa yang dimaksud dengan Konsumen ?
Jawab.....................................................................

3. Sebutkan apa saja faktor yang mempengaruhi besar kecilnya konsumsi yang dilakukan oleh konsumen ?
Jawab.........................................................................




Sumber belajar :

Anoraga, Pandji, dan Ninik Widyanti. 1992. Pasar Modal: Keberadaan dan Manfaatn a bagi Pembangunan. Jakarta: Rineka Cipta. 

Boediono, Dr. 2002. Ekonomi Mikro Edisi Kedua. Yogyakarta: BPFE. Collins. 1999. Kamus Lengkap Ekonomi. Jakarta: Erlangga. 

Ekawati, Endang, Dra, dkk. 2004. Pengetahuan Sosial. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama. Encarta 2005, Reference Librar Premium, Microsoft Corporation. 

Gasperz, Vincent. 2001. Ekonomi Managerial, Pembuatan Keputusan Bisnis. Edisi Kedua. Jakarta: Gramedia. Gunardi, Tom. 1985. Sistem Perekonomian menurut Pancasila dan UUD 1945, Bandung, Angkasa.


Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done

MADE MEKAR